Script PHP Perhitungan Metode Fuzzy Tsukamoto

Pada Post kali ini download script web memberikan sebuah apliaksi Metode Tsukamoto Fuzzy merupakan turunun dari metode Logika Fuzzy merupakan  salah satu pemecahannya. Sistem tradisional dirancang untuk mengontrol keluaran tunggal yang berasal dari beberapa masukan yang tidak saling berhubungan. 
Ada beberapa metode untuk merepresentasikan hasil logika fuzzy yaitu metode Tsukamoto, Sugeno dan Mamdani. Pada metode Tsukamoto, setiap konsekuen direpresentasikan dengan himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan monoton. Output hasil inferensi masing-masing aturan adalah z,  berupa himpunan biasa (crisp) yang ditetapkan berdasarkan -predikatnya. Hasil akhir diperoleh dengan menggunakan rata-rata terbobotnya.(Sri Kusumadewi,2002:108).

Pada kesempatan ini saya share sedikit tutorial script perhitungan  Metode Fuzzy Tsukamoto dengan PHP.

Contoh Kasus.
Sebuah perusahaan makanan kaleng akan memproduksi makanan jenis ABC. Dari data 1 bulan terakhir, permintaan terbesar hingga mencapai 5000 kemasan/hari, dan permintaan terkecil sampai 1000 kemasan/hari. Persediaan barang digudang paling banyak sampai 600 kemasan/hari, dan paling sedikit sampai 100 kemasan/hari. Dengan segala keterbatasannya, sampai saat ini, perusahaan baru mampu memproduksi barang maksimal 7000 kemasan/hari, serta demi efisiensi mesin dan SDM tiap hari diharapkan perusahaan memproduksi paling tidak 2000 kemasan.

Apabila proses produksi perusahaan tersebut menggunakan 4 aturan sebagai berikut:

Rule 1
IF permintaan TURUN and persediaan BANYAK THEN produksi barang BERKURANG
Rule 2
IF permintaan TURUN and persediaan SEDIKIT THEN produksi barang BERKURANG
Rule 3
IF permintaan NAIK and persediaan BANYAK THEN produksi barang BERTAMBAH
Rule 4
IF permintaan NAIK and persediaan SEDIKIT THEN produksi barang BERTAMBAH

Berapa kemasan makanan jenis ABC yang harus diproduksi, jika jumlah permintaan sebanyak
3500 kemasan, dan persediaan di gudang masih 300 kemasan ?

Script PHP untuk menghitung contoh kasus diatas adalah : 

<?php
$x_min=isset($_POST['x_min'])?$_POST['x_min']:1000;
$x_max=isset($_POST['x_max'])?$_POST['x_max']:5000;
$y_min=isset($_POST['y_min'])?$_POST['y_min']:100;
$y_max=isset($_POST['y_max'])?$_POST['y_max']:600;
$z_min=isset($_POST['z_min'])?$_POST['z_min']:2000;
$z_max=isset($_POST['z_max'])?$_POST['z_max']:7000;
$x=isset($_POST['x'])?$_POST['x']:3500;
$y=isset($_POST['y'])?$_POST['y']:300;
?>
<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <title>protoTsukamoto</title>
    <style type='text/css'>
      * {font-family:verdana,arial,sans-serif;font-size:10pt;}
      h1{font-size:18pt;}
      h2{font-size:14pt;line-height:16pt;}
      fieldset{margin:5px;padding:5px;background-color:#eee;}
      legend {font-weight:bold;padding:5px;background-color:#ee9;}
      .inptxt{text-align:right;}
    </style>
  </head>
  <body>
    <div id='container'>
      <h2>Sistem Inferensi Fuzzy</h2>
      <h1>Metode Tsukamoto</h1>
      <fieldset style='display:none'>
        <legend>Kasus</legend>
        <!-- reserved //-->
      </fieldset>
      <form method='post'>
        <fieldset>
          <legend>Batasan</legend>
          <table>
            <tr><th>Variabel</th><th>Min Value</th><th>Max Value</th></tr>
            <tr>
              <td>Permintaan (x)</td>
              <td><input type='text' class='inptxt' name='x_min' value='<?=$x_min?>'/></td>
              <td><input type='text' class='inptxt' name='x_max' value='<?=$x_max?>'/></td>
            </tr>
            <tr>
              <td>Persediaan (y)</td>
              <td><input type='text' class='inptxt' name='y_min' value='<?=$y_min?>'/></td>
              <td><input type='text' class='inptxt' name='y_max' value='<?=$y_max?>'/></td>
            </tr>
            <tr>
              <td>Produksi (z)</td>
              <td><input type='text' class='inptxt' name='z_min' value='<?=$z_min?>'/></td>
              <td><input type='text' class='inptxt' name='z_max' value='<?=$z_max?>'/></td>
            </tr>
          </table>
        </fieldset>
        <fieldset>
          <legend>Inputan</legend>
          <table>
            <tr>
              <td>Permintaan yang diinginkan (x)</td>
              <td><input type='text' class='inptxt' name='x' value='<?=$x?>' /></td>
            </tr>
            <tr>
              <td>Persediaan di gudang (y)</td>
              <td><input type='text' class='inptxt' name='y' value='<?=$y?>' /></td>
            </tr>
          </table>
        </fieldset>
        <input type='submit' name='proses' value='proses' />
      </form>
<?php
if(isset($_POST['proses'])){
?>       
      <fieldset>
        <legend>[1] Pembentukan Himpunan Fuzzy (Fuzzyfication)</legend>
        <table border='1'>
          <tr>
            <th colspan='4'>Pemintaan</th>
          </tr>
          <tr>
            <td rowspan='3'>&micro;<sub>permintaan NAIK</sub>(x)</td>
            <td>1 , x<<?=$x_min?></td>
            <td rowspan='3'>&micro;<sub>permintaan TURUN</sub>(x)</td>
            <td>0 , x<<?=$x_min?></td>
          </tr>
          <tr>
            <td>(<?=$x_max?>-x)/<?=($x_max-$x_min)?> , <?=$x_min?> &le; x &le;<?=$x_max?></td><td>(x-<?=$x_min?>)/<?=($x_max-$x_min)?> , <?=$x_min?> &le; x &le;<?=$x_max?></td>
          </tr>
          <tr>
            <td>0 , x><?=$x_max?></td><td>1 , x><?=$x_max?></td>
          </tr>
          <tr>
            <th colspan='4'>Persediaan</th>
          </tr>
          <tr>
            <td rowspan='3'>&micro;<sub>persediaan BANYAK</sub>(y)</td>
            <td>1 , y<<?=$y_min?></td>
            <td rowspan='3'>&micro;<sub>persediaan SEDIKIT</sub>(y)</td>
            <td>0 , y<<?=$y_min?></td>
          </tr>
          <tr>
            <td>(<?=$y_max?>-y)/<?=($y_max-$y_min)?> , <?=$y_min?> &le; y &le;<?=$y_max?></td><td>(y-<?=$y_min?>)/<?=($y_max-$y_min)?> , <?=$y_min?> &le; y &le;<?=$y_max?></td>
          </tr>
          <tr>
            <td>0 , y><?=$y_max?></td><td>1 , y><?=$y_max?></td>
          </tr>
          <tr>
            <th colspan='4'>Produksi</th>
          </tr>
          <tr>
            <td rowspan='3'>&micro;<sub>produksi BERTAMBAH</sub>(z)</td>
            <td>1 , z<<?=$z_min?></td>
            <td rowspan='3'>&micro;<sub>produksi BERKURANG</sub>(z)</td>
            <td>0 , z<<?=$z_min?></td>
          </tr>
          <tr>
            <td>(<?=$z_max?>-z)/<?=($z_max-$z_min)?> , <?=$z_min?> &le; z &le;<?=$z_max?></td><td>(z-<?=$z_min?>)/<?=($z_max-$z_min)?> , <?=$z_min?> &le; z &le;<?=$z_max?></td>
          </tr>
          <tr>
            <td>0 , z><?=$z_max?></td><td>1 , z><?=$z_max?></td>
          </tr>
          <tr>
            <td colspan='4'>
              Permintaan: x=<?=$x?>;<br />
              <?php
              $ux_turun=($x_max-$x)/($x_max-$x_min);
              $ux_naik=($x-$x_min)/($x_max-$x_min);
              ?>
              &micro;<sub>permintaan TURUN</sub>(<?=$x?>)=(<?=$x_max?>-<?=$x?>)/<?=($x_max-$x_min)?>=<?=$ux_turun?>;<br />
              &micro;<sub>permintaan NAIK</sub>(<?=$x?>)=(<?=$x?>-<?=$x_min?>)/<?=($x_max-$x_min)?>=<?=$ux_naik?>;<br />
              Persediaan: y=<?=$y?>;<br />
              <?php
              $uy_sedikit=($y_max-$y)/($y_max-$y_min);
              $uy_banyak=($y-$y_min)/($y_max-$y_min);
              ?>             
              &micro;<sub>persediaan SEDIKIT</sub>(<?=$y?>)=(<?=$y_max?>-<?=$y?>)/<?=($y_max-$y_min)?>=<?=$uy_sedikit?>;<br/>
              &micro;<sub>persediaan BANYAK</sub>(<?=$y?>)=(<?=$y?>-<?=$y_min?>)/<?=($y_max-$y_min)?>=<?=$uy_banyak?>;<br/>
            </td>
          </tr>
        </table>
      </fieldset>
      <fieldset>
        <legend>[2] Penerapan Fungsi Implikasi</legend>
        <p>Nilai &alpha;-predikat dan Z dari setiap aturan</p>
        <p><strong>Rule 1 :</strong><em>        IF permintaan TURUN and persediaan BANYAK THEN produksi barang BERKURANG</em><br />
        <?php
        $a_pred1=min($ux_turun,$uy_banyak);
        $z1=$z_max-$a_pred1*($z_max-$z_min);
        ?>
        &alpha;-predikat<sub>1</sub>=&micro;<sub>permintaan TURUN</sub> <big>&cap;</big> &micro;<sub>persediaan BANYAK</sub><br />
          =min(&micro;<sub>permintaan TURUN</sub>(<?=$x?>) <big>&cap;</big> &micro;<sub>persediaan BANYAK</sub>(<?=$y?>))<br />
          =min(<?=$ux_turun?>,<?=$uy_banyak?>)<br />
          =<?=$a_pred1?><br />
        Dari himpunan produksi barang BERKURANG: (<?=$z_max?>-z<sub>1</sub>)/<?=($z_max-$z_min)?>=<?=$a_pred1?><br/>
        diperoleh <strong>z<sub>1</sub></strong>=<?=$z1?>
        </p>
        <p><strong>Rule 2 :</strong><em>IF permintaan TURUN and persediaan SEDIKIT THEN produksi barang BERKURANG</em><br />
        <?php
        $a_pred2=min($ux_turun,$uy_sedikit);
        $z2=$z_max-$a_pred2*($z_max-$z_min);
        ?>
        &alpha;-predikat<sub>2</sub>=&micro;<sub>permintaan TURUN</sub> <big>&cap;</big> &micro;<sub>persediaan SEDIKIT</sub><br />
          =min(&micro;<sub>permintaan TURUN</sub>(<?=$x?>) <big>&cap;</big> &micro;<sub>persediaan SEDIKIT</sub>(<?=$y?>))<br />
          =min(<?=$ux_turun?>,<?=$uy_sedikit?>)<br />
          =<?=$a_pred2?><br />
        Dari himpunan produksi barang BERKURANG: (<?=$z_max?>-z<sub>2</sub>)/<?=($z_max-$z_min)?>=<?=$a_pred2?><br/>
        diperoleh <strong>z<sub>2</sub></strong>=<?=$z2?>
        </p>
        <p><strong>Rule 3 :</strong><em>IF permintaan NAIK and persediaan BANYAK THEN produksi barang BERTAMBAH</em><br />
        <?php
        $a_pred3=min($ux_naik,$uy_banyak);
        $z3=$a_pred3*($z_max-$z_min)-$z_min;
        ?>
        &alpha;-predikat<sub>2</sub>=&micro;<sub>permintaan NAIK</sub> <big>&cap;</big> &micro;<sub>persediaan BANYAK</sub><br />
          =min(&micro;<sub>permintaan NAIK</sub>(<?=$x?>) <big>&cap;</big> &micro;<sub>persediaan BANYAK</sub>(<?=$y?>))<br />
          =min(<?=$ux_naik?>,<?=$uy_banyak?>)<br />
          =<?=$a_pred3?><br />
        Dari himpunan produksi barang BERTAMBAH: (z<sub>3</sub>-<?=$z_min?>)/<?=($z_max-$z_min)?>=<?=$a_pred3?><br/>
        diperoleh <strong>z<sub>3</sub></strong>=<?=$z3?>
        </p>
        <p><strong>Rule 4 :</strong><em>IF permintaan NAIK and persediaan SEDIKIT THEN produksi barang BERTAMBAH</em><br />
        <?php
        $a_pred4=min($ux_naik,$uy_sedikit);
        $z4=$a_pred4*($z_max-$z_min)-$z_min;
        ?>
        &alpha;-predikat<sub>2</sub>=&micro;<sub>permintaan NAIK</sub> <big>&cap;</big> &micro;<sub>persediaan SEDIKIT</sub><br />
          =min(&micro;<sub>permintaan NAIK</sub>(<?=$x?>) <big>&cap;</big> &micro;<sub>persediaan SEDIKIT</sub>(<?=$y?>))<br />
          =min(<?=$ux_naik?>,<?=$uy_sedikit?>)<br />
          =<?=$a_pred4?><br />
        Dari himpunan produksi barang BERTAMBAH: (z<sub>4</sub>-<?=$z_min?>)/<?=($z_max-$z_min)?>=<?=$a_pred4?><br/>
        diperoleh <strong>z<sub>4</sub></strong>=<?=$z4?>
        </p>
      </fieldset>
      <fieldset>
        <legend>Defuzzyfication</legend>
        <?php
        $n=$a_pred1*$z1+$a_pred2*$z2+$a_pred3*$z3+$a_pred4*$z4;
        $d=$a_pred1+$a_pred2+$a_pred3+$a_pred4;
        $z=$n/$d;
        ?>
        <p>Menghitung z akhir dengan merata-rata semua z berbobot</p>
      <p>z=(&alpha;-predikat<sub>1</sub>*z<sub>1</sub>+&alpha;-predikat<sub>2</sub>*z<sub>2</sub>+&alpha;-predikat<sub>3</sub>*z<sub>3</sub>+&alpha;-predikat<sub>4</sub>*z<sub>4</sub>)/(&alpha;-predikat<sub>1</sub>+&alpha;-predikat<sub>2</sub>+&alpha;-predikat<sub>3</sub>+&alpha;-predikat<sub>4</sub>)<br/>
        =(<?=$a_pred1?>*<?=$z1?>+<?=$a_pred2?>*<?=$z2?>+<?=$a_pred3?>*<?=$z3?>+<?=$a_pred4?>*<?=$z4?>)/(<?=$a_pred1?>+<?=$a_pred2?>+<?=$a_pred3?>+<?=$a_pred4?>)<br/>
        =<?=$n?>/<?=$d?><br/>
        =<?=$z?></p>
        <p>Jadi jumlah yang harus diproduksi (<strong>z</strong>) =<strong><?=$z?></strong></p>
      </fieldset>
<?php
}
?>     
    </div>
  </body>
</html>

hasilnya seperti gambar dibawah ini :
sistem pakar metode logica fuzzy, perhitungan metode logica fuzzy, metode fuzzy Tsutomo, madani

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " Script PHP Perhitungan Metode Fuzzy Tsukamoto "

  1. Anonymous12/17/2016

    Ka, boleh minta perhitungan secara manualnya ga?

    ReplyDelete