Scripts PHP - Tutorial Input Data Dengan Dreamweaver8



Salam Free Download Script Web
Tutorial membuat web dengan Dreamweaver buat pemula, kita akan membahas tahap-tahap dalam membuat sebuah aplikasi web yang terkoneksi dengan database MySQL menggunakan Adobe Dreamweaver.
Mukin kawan-kawan sudah lumayan sering bermain dengan Dreamweaver, tapi maksud dari tutorial ini hanya sekedar membagi pengetahuan yang penulis tahu kepada semua yang memerlukan.
Kita mulai saja membuka adobe Dreamweaver kalau belum ada download dulu sofwarenya. Jika suda siap mari kita lanjutkan.
Klik, Dreamweaver hingga terbuka halaman kerja baru seperti gambar berikut.

Pada gambar diatas masih terlihat kosong…sekarang kita akan membuat terlebih dahulu domen atau alamat sebuah web secara local yaitu dilocalhost. Caranya buka drive diaman anda instalasi server localhost. Jika belum ada download disini Xampp.
Buat folder baru didalam folder Htdocs beri nama terserah anda misalnya belajar ok. Jika sudah kita kembali ke tampilan Dreamweaver dan kita mulai untuk mengcreate situs local kita sesuai dengan nama folder yang baru saja kita buat.
Pada toolbar diatas terlihat menu SITE pilih menu tersebut dan sorot ke menu New Site sperti terlihat pada gambar dibawah ini.
 

 Jika sudah maka akan tampil form untuk kita mengisi alamat web local kita seperti gambar dibawa ini.


Perhatikan pada form paling atas isi dengan nama alamat web local, pada form bawah isi dengan alamat server local anda yaitu localhost, kemudian klik Next.
Akan tampil halaman berikut



Pilih combo yes dan sorot ke PHP Mysql, kemudian klik next lagi. Hingga tampil halaman seperti berikut next aja lagi



Pada halaman selanjtnya anda pilih direktori alamat web local anda dengan klik icon folder dan select folder web  


Tahap selanjutnya klik next hingga tanpil halaman seperti berikut isi pada form tersebut localhost/nama domen anda contoh localhost/belajar. Selanjutnya klik next hingga selasai klik Done.
Tahap pembuatan alamat web di localhost dengan drewmeaver selesai. Sekarang kita akan mengelola web tersebu dengan membuat sebuah aplikasi sederhana saja ok. Jika kawan-kawan sudah memahaminya tinggal dikembangkan aja lagi nanti sendiri.
Yanng petama kita buat koneksi ke database MySQL terlebih dahulu pastikan kawan-kawan sudah membuat databasenya di PhpMyadmin. Caranya ikuti langkah berikut :
Pastikan halaman yang sudah kita create tadi sudah tersimpan didalam folder yang kita buat untuk memastikan CTRL S. beri nama index.php. sekarang kita buat perintah koneksi sebagai berikut.
Lihat di toolbar kanan anda ada tulisan Application, pilih database klik icon + seperti yang telihat digambar dibawah ini.
 


Pada saat anda klik Mysql Connection akan tampil jendela dialog form untuk mengisi perintah koneksi ke nama database yang mana akan kita tujukan, dengan memilih select database  lihat gambar dibawah ini.


Selanjutnya klik Ok. Selesai kita membuat koneksi database. Selanjutnya kita akan membuat Form input data.

Masih dihalaman index.php pilih insert lihat aja gambar dibawah agar lebih mudah dipahami.


Insert kemudian Application Objects pilih Recordset. Maka akan tampil halaman berikut.
Pada form pengisian dihalaman recordset isi nama form terserah anda, pilih file koneksi sehingga tabel database akan muncul sendirinya dan pilih tabel apa yang akan kita lakukan insert data melalui form input yang akan kita buat. Contoh seperti gambar dibawah.




Sekarang kita pilih lagi insert , application Objects Insert Recorts seperti pada gambar dibawah di perhatikan agar tak salah.


Maka akan tampil form berikut ini


Pada connection sorot ke koneksi yang kita buat pada awal tadi, pilih tabel yang akan kita insert data. Pada Display as itu untuk kategori combo sperti jenis kelamin kita dapat menyesuikannya bagaimana yang kita inginkan. Pada contoh ini saya akan memilih radio group untuk jenis kelamin pada saat selesai akan tampil halaman form input seprti gambar berikut.


Nah form insert data sudah siap kita buat, mudah bukan tinggal kita buat halaman untuk menampilkan data, form edit dan menghapus data.
Untuk tutorialnya cukup dulu nanti saya akan update cara menampilkan data, edit dan menghapus data menggunakan software Dreamweaver.

Sekian Dulu sedikit Tutorial Cara Input Form Dengan Deamweaver.
Semoga Bermanfaat Buat Kawan-Kawan Semua.
Terimakasih terlah singgah.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Scripts PHP - Tutorial Input Data Dengan Dreamweaver8 "

Post a Comment